(Asistensi PSTI ke-2 pak Edi ) 080210
-Pak jaka akan tanya ke penyaji jg peserta kelas
-misal, apa itu kurva s? berikan contohnya?
-presentasi ini waktunya 2 jam, tp kalo utk thesis antara 15-20 mnt
-Yg jd problem adlh di kurva s, kita kasih contoh kurva s di instansi kita.
-sebuah strategi utk memilih teknologi mana yg paling pas utk instansi kita. setelah dipilih dia akan naik(mature) kmdn akan turun(aging) dan bgmn selanjtnya.
-Contoh lain adlh teknologi disket, setelah memuncak maka kmd diganti dg Cd, kmd ganti dgn flashdisk krn kapaitas yg terus naik
-perubahan itu terkait dgn efektifitas/tepat guna, efisiensi dan biaya
Chapter 1
-bisnis model dan business strategi
-pertama hrs paham dulu bisnis modelnya, apapun, mesi tdk pas dgn org kita, tp kita tetap hrs paham apa itu businiss model
-figure 1.2: fucntion
-hal 5 : ini yg kita lihat utk business model figure 1.3
-Utk kuliah ini gunakan logical thinking, biar lebih mudah memahami
-hal 13 :hyper competition, the information age, strategic paradoc
-hal 16: level competition
-hal 22: apa sj pendorong competisi hyper, contohnya apa saja
-hal 23: strategic paradox, mjd lawan kita
-utk metodologi penelitian ada 4 buku sdh diimelkan ke pak suryo
-utk presentasi hrs menemukan keypoint dari setiap bab, pak jaka sdh hapal luar kepala lho buku-buku itu
s curve , hal 86-89
- bukan mnterjemahkan tetapi mengharfiahkan
- biasakan ada pendahuluan dulu, kmdn buat deskripsi tetang apa yg akan kita kerjakan.
- Cara belajar cepat gunakan index dan tabel of content
- suatu produk baru mempunyai nilai ketidakpastian pd waktu berjalan: market diffusion
Technology Substitution dan Diffusion Theory (hal 86)
-TS:sebuah proses dimana terjadi sebuah transformasi fungsi yg lebih baik dari sebuah teknologi yg baru terhadap teknologi lama dlm sebuah pasar.
-Performance Measurement and balance Scorecard ada buku di gramedia
- Ada IT BSC
- Jesica Keyes, hrs beli bukunya utk mengukur objektifitas technologi
- 5 kategori dasar terciptanya teknologi baru:
1. serendipity : tekanan kompetisi
2. military reseacrh: long term, internet mjd stabil butuh waktu lama
3.
4.
5.
-Defender : teknologi lama
-attacker : teknologi baru
- Querti, hp keypad yg lbh cepat utk mengetik pd black berry.
- Saat ini di Indonesia berimbang dg produk Nokia
Ada 3 kurva :
- kurva s biasa
- duel s kurva
- market diffusion
-Jangan lupa diberikan daftar pustaka :
-Dlm thesis minimal hrs ada 12 buku yg di baca.
-OODA :observe, Orient, Decide, Act
-Kolonel John Boyd sbg pilot pesawat tempur
-strategi tdk boleh stagnant, menyeseuaikan dg perubahan perilaku musuh.
-musuh dan diri sendiri mrpk sistem terkait
-perang adl perjuangan moral dgn keberanian
Pemikiran Boyd:
waspada
mengamati keadan sekitar
mengorientasi dan menganalisis data
membuat keputusan berdassrkan data yg diperoleh
mengambil tindakan yg tepat
-Coba tugas-tugas sdh dihubungkan dgn thesis yg akan dibuat shg akan memudahkan effort kita saat thesi nanti, tinggal gabungkan saja dan finish.
-Siklus OODA
-Detil Diagram Siklus OODA
-Point penting:
-keempat fase hrs dilalui berurutan. Tindakan 'Act' bukan langkah terakhir, krn trs Observasi Ulang
-jangan melupakan Tempo
OODA dan Strategi Bisnis
-Strategi bisnis yg sukses mrpkn perpaduan antara seni dan ilmu pengetahuan --> Strategi Bisnis = Kedinamisan OODA
Penerapan OODA guna Strategi Bisnis (Michael Doherty):
-Observe, mengumpulkan inforasi tentang kondisi pasar saat ini
-Orient, menterjemahkan informasi utk kmdn dievaluasi dan memformulasikan pilihan-pilihan
-Decide, menganalisa pilihan-pilihan
-Act, mengeksekusi keputusan
Penerapan OODA guna Strategi Business (Ian Stobie):
-Observe,....
-Orient..
-Decide...
-Act...
Tugas Tulis Pengalaman:
-Pengalaman kita ditulis secara ilmiah, writing research: job des kita, pengguna it seperti apa, kita ada dimana, singkat padat
Tugas OODA, beri kasusnya terkait dgn strategi yg akan dipilih.
Tehnik Presentasi :
-paling utama, attitude di depan, jangan membuat banyak gerakan yg menganggu peserta, jangan masukkan tangan ke saku
-artikulasi dan intonasi tekanan jelas
-materi adalah yg terakhir
-jangan membaca, jd hrs menjelaskan point yg ada, atau gambar yg ada
-jangan terlalu banyak multimedia yg dimasukkan.
-selalu menghargai audiens, krn bukan kapasitas kita utk menyalahkannya
-perhatikan setiap audiens, sdh nagantuk, bosan, maka sesekali keluarkan joke, jangan terlalu banyak
Senin, Februari 08, 2010
S Curve and OODA Strategy (PSTI Asist. Ke-2)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar