Rabu, Februari 03, 2010

Manajemen SDM TI (ke-1 Pak Bambang)

Keterangan: dibuat sambil mendengarkan Dosen ceramah, belum diedit lagi.........

Catatan Pertemuan Pertama Pak Bambang 27 Januari 2010
Kuliah ada : uts, tugas besar, uas
1. dasar kepentingan sdm
2. pendlmn konsep msdm dan kompetensi, kamus kompetensi, kerangka msdm, kompetensi cio, metode penentuan kk
3. org ti di pemerintah dan swasta

SDM bid TI mnrt kominfo:
1. ICT Workers atau ICT professional
2. ICT enabled Workers atau ICT Users

Ekonomi informasi :
- jaman batu
- jaman pertanian
- jaman industri
- jaman informasi -->segala masalah tanpa batas borderless, dari market place <> market space, hirarki<>jaringan

Ikan di pelabuhan 10rb/kg, bisa ditekan 2rb/kg bila orangnya terbelenggu di situ, krn tdk mengetahui harga di tepat lain.
Era saat ini penjual ikan bisa jual ikan via internet dgn harga bermacam tiap daerah dari situ kita bisa mendpt keuntungan.

Dgn ekonomi informasi/ digital economy, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai double digit ( kalo ekonomi industri hanya single digit )
Salah satu ciri : mengandalkan informasi dan komunikasi
- Film animasi masih sangat tinggi permintaan
- Komunikasi yg beradaptasi dgn kondisi Indonesia, dgn meningkatkan SDM

Utk apa belajar mengenai SDM? Cukupkah hanya dgn menguasai teknologi saja?
Siasat Perang oleh Sunzu: Man, Machine, Mind

-Orang sering melupakan aturan/budaya, ada workflow, ada dataflow dlm suatu sistem yg sdh establish.
-bangsa ini sering melupakan maintenance, dan mesin dianggap sakral.
-Era 90-an komputer di selimuti di ruang kepala dinas. tanpa ada yg berani sentuh (bahkan di era sekarang pun!!)
-Hp bisa digunkn utk menilai wakil rakyatnya

- CIO bisa memimpin, inilah cara kerja yg benar dlm TI
- Bgmn kaitannya dgn Tatakelola TI?

Akibat tdk diperhatikannya Tata Kelola TI berdampak pemborosan, muncul pulau2 informasi

Tugas CIO mengawinkan pulau2 informasi dan mencari dimana titik temunya.
Garis kebijakan TIK bisa jalan di tangan CIO

Bgm kebutuhan kompetensi, merekrut, mendisain dan mempengaruhi top level utk menjalankan yg terbaik.

Cara :
- Kembalikan ke tupoksi utk hak dan kewenangan data.
- Jangan dgn arogan adl kunci

Tata Kelola TI :
- memastikan layanan TI sesuai dg arah tujuan org


ICT human resource capacity:
-Welfare level: food, shelter, alnguage, skills
-Literacy level: basic ICT Skill
-Application level: ICT for work performance
-Productivity level:make ICT System, product service
-Strategic Level: interpret, direct, manage ICT

Penerapan Man,Machine,Mind dgn prinsip OODA :
Observasi : aturan, budaya, workflow, dataflow
Orientasi : analisa SWOT
Decision
Action



Tidak ada komentar:

Posting Komentar