Senin, April 02, 2012

'BAIM' bocah kecil yang tidak mengenal WINDOWS

Beberapa pengguna komputer... jika berhadapan dengan OS Linux, biasanya akan merasa kesulitan untuk mengoperasikannya. Namun kejadiannya akan terbalik jika seorang bocah kecil ['BAIM' 3 th] berhadapan dengan komputer yang menggunakan OS Linux.

Baim... yang masih berumur 3 th sudah mahir menggunakan komputer ber-OS Linux tapi jika komputer atau laptop tersebut menggunakan OS Windows, maka Baim merasa kebingungan atau kesulitan untuk mengoperasikannya. Sebab sejak awal Baim berkenalan dengan komputer ga' pernah mengoperasikan komputer ber-OS Windows. Hal ini baru saya sadari ketika saya telah selesai me-repair laptop milik salah seorang pelanggan.

Ketika itu setelah selesai me-repair laptop, saya coba idupin laptop tsb. Seperti biasa setiap saya me-repair Laptop atau PC atau buatin antena Wajan Bolic untuk orang lain, Baim selalu nimbrung disebelah saya. Ketika melihat logo microsoft,

Baim berkata "Logonya koq bendera... kenapa bukan pinguin... pa ?"
Saya menjawab ini namanya "Windows... nak! Nich coba Baim mainin dulu laptopnya !"

Ternyata Baim kesulitan menggunakannya, dikit-dikit bertanya gimana cara ini cara itu dll.... Saat itulah saya menyadarinya... ternyata walau bagaimanapun (dengan sangat terpaksa) saya mesti ngenalin windows ke Baim, sebab beberapa tahun kedepan hingga Baim masuk sekolah belum tentu disekolahnya akan ada pinguin "LINUX", mungkin yang ditemuinya malah Microsoft "Windows"....

Padahal awalnya saya bertekad tidak akan mengenalkan Windows ke Baim... ternyata itu salah.... Kenalkan apa yang ada disekeliling kita kepada anak-anak kita dengan benar/terarah/terkontrol dan biar anak yang menentukan pilihannya. Kemudian kita kontrol dan beri dukungan padanya..... Go Go Open Source !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar