Selasa, Maret 01, 2011

Info Beasiswa S2 DEPKOMINFO tahun 2011

Bersama ini saya informasikan kembali pembukaan beasiswa Kementrian KOMINFO RI untuk Program Magister CIO dan LTI.

Bagi teman-teman mohon informasikan kepada siapapun yang berminat dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan beasiswa

silahkan mendaftar.

PROGRAM MAGISTER INFORMATIKA BIDANG KHUSUS
KEPEMIMPINAN TEKNOLOGI INFORMASI - Chief Information Officer (CIO)

Kepemimpinan Teknologi Informasi / Chief Information Officer (CIO) adalah jabatan dalam organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) yang mempunyai peran sebagai pemimpin dalam penyediaan informasi bagi kelangsungan hidup organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. CIO menjadi semakin vital di era informasi dimana eksistensi organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan dalam memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Proses transformasi memerlukan seorang innovator yang bisa mengintegrasikan antara visi organisasi dengan kemampuan sumberdaya informasi dan sumber daya lainnya. Disinilah dibutuhkan peran seorang CIO (Chief Information Officer) untuk memimpin suatu transformasi tersebut diatas berbasiskan pengelolaan informasi secara efektif.

Program Magister Kepemimpinan Teknologi Informasi (Chief Information Officer)

Program ini bertujuan untuk menghasilkan calon pemimpin yang mampu mengelola teknologi informasi sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan bisnis perusahaan/instansi di tempat ia bekerja; dan mampu menjembatani antara pihak manajemen/eksekutif/bisnis dengan Teknologi Informasi.
Mahasiswa program ini akan mendapatkan fondasi yang kuat tentang Teknologi Informasi, manajemen teknologi informasi dan keahlian kepemimpinan/manajemen yang dibutuhkan oleh pimpinan teknologi informasi tingkat menengah ke atas.

Kompetensi

• Kompetensi Teknis yaitu Kompetensi Penguasaan Teknologi Informasi : jaringan informasi, arsitektur teknologi informasi, basis data multimedia, pemrograman Internet / Web, keamanan teknologi informasi, tatakelola teknologi informasi, business continuity planning, manajemen layanan teknologi informasi;
• Kompetensi Manajemen Teknologi Informasi: statistika bisnis dan analisa kuantitatif, perencanaan strategis teknologi informasi, manajemen proyek teknologi informasi;
• Kompetensi Kepemimpinan : manajemen perubahan, kepemimpinan bisnis ,
Program S2 CIO dirancang untuk mengembangkan mahasiswa agar memiliki ketiga kelompok kompetensi tersebut sehingga lulusannya dapat berperan sebagai CIO yang kompeten.



PROGRAM MAGISTER INFORMATIKA BIDANG KHUSUS LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Dewasa ini, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, berbagai instansi berupaya untuk mengintegrasikan sistem yang ada untuk mengimplementasikan teknologi informasi yang mampu mendukung proses bisnis perusahaan tersebut.
Pada masa lalu banyak jenis rancangan yang dipergunakan dalam membangun sistem informasi dari model Electronic Data Interchange (EDI) hingga pelelangan melalui WEB. Rancangan tersebut ternyata tidak dapat menghasilkan sistem yang dapat memenuhi kebutuhan proses bisnis yang berubah secara dinamis sehingga dibutuhkan suatu arsitektur sistem yang fleksibel untuk merancang berbagai aplikasi dan data-sharing.

Service Oriented Architecture (SOA) adalah arsitektur yang dapat memberikan kemampuan tersebut. SOA menggabungkan proses bisnis dengan membuat aplikasi testruktur menggunakan suatu koleksi modul-modul layanan (services). Koleksi modul-modul layanan membuat proses perancangan dan implementasi aplikasi baru menjadi mudah dan fleksibel karena dapat menggabungkan dari berbagai jenis modul yang berbeda. Rancangan aplikasi juga memperhitungkan keamanan informasi dan menjamin ketersediaan data.

Program Studi Megister Terapan Layanan Teknologi Informasi dibuka dengan dasar pertimbangan besarnya kebutuhan organisasi dan perusahaan akan tenaga-tenaga ahli yang terampil dalam bidang layanan teknologi informasi sehingga dapat menjawab permasalahan-permasalahan tersebut diatas dengan menerapkan teknologi berbasis layanan.



Program Magister Layanan Teknologi Informasi

Program ini memberikan pengetahuan dan kemampuan pada mahasiswa dalam memahami proses bisnis dan melakukan manajemen sistem informasi yang dirancangan berdasarkan konsep layanan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada.
Mahasiswa program magister ini akan mendapatkan pondasi yang kuat tentang Teknologi Informasi, manajemen Teknologi Informasi dan keahlian yang kuat tentang konsep layanan teknologi informasi.

Kompetensi

• Kompetensi Teknis yaitu Kompetensi Penguasaan Teknologi Informasi : jaringan informasi, arsitektur teknologi informasi, basis data multimedia, pemrograman Internet / Web, keamanan teknologi informasi, tatakelola teknologi informasi, business continuity planning, manajemen layanan teknologi informasi, menguasai konsep arsitektur sistem informasi berbasis layanan (SOA)
• Kompetensi Manajemen Teknologi Informasi: memiliki kemampuan untuk menganalisa Proses Bisnis dari sebuah organisasi, memiliki kemampuan untuk melakukan perencaaan dan manajemen sistem informasi berbasis layanan, dan mampu melakukan manajemen sistem informasi berbasis layanan

TENAGA PENGAJAR ITB

1. Prof. Ir. Surna. T. Djajadiningrat, M.Sc., Ph.D.
2. Prof. Dr. Ir. Jann Hidajat Tjakraatmadja, M.Sie.
3. Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, M.Eng.
4. Dr. - Ing. Ir. Suhardi.
5. Dr. Ir. Jaka Sembiring.
6. Dr. Ir. Arry Akhmad Arman.
7. Dr. Ir. Armein Z.R Langi.
8. Dr. Ir. Bambang Pharmasetiawan.
9. Dr. Ir. Yusep Rosmansyah.
10. Ir. Yudi Satria Gondokaryono, M.SEE., Ph.D
11. Dr. Ir. Bambang Riyanto.
12. Dr. Ir. Budi Rahardjo.
13. Ir. John Welly, MBA.
14. Ir. Kridanto Surendro, M.Sc .,Ph.D
15. Ir. Tunggal Mardiono, MT.
16. Ir. Yuni Ros Bangun, MBA.
17. Ir. Budi Setiawan, MT.
18. Dr. Ir. Joko Siswanto


PROGRAM BEASISWA CHIEF INFORMATION OFFICER DAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Beasiswa ini diberikan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (DEPKOMINFO RI) untuk Tahun Ajaran 2010/2011, hanya diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Beasiswa ini diberikan senilai biaya SPP yang berlaku saat ini. Beasiswa hanya mencakup biaya Program Magister selama 18 bulan terhitung mulai awal masa perkuliahan sampai dengan berakhirnya masa perkuliahan, tidak termasuk biaya hidup (living cost), biaya pendaftaran, biaya buku dan biaya wisuda. Sendainya mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studi dalam kurun waktu selama 18 bulan, maka biaya studi harus ditanggung oleh peserta.

Kriteria Calon Penerima Beasiswa

• Pegawai Negri Sipil (PNS) dan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang ditempatkan di lembaga-lembaga departemen, non departemen, baik dilingkungan pemerintah pusat maupun daerah.
• Surat keputusan pengangkatan PNS dan CPNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan.
• TPA minimal 475 dan EPT-ITB minimal 77.
• Mendapat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II).
• Mendapat surat ijin dari instansi tempat bekerja untuk menjalani pendidikan selama 18 bulan.
• Belum memiliki gelar S2/Magister dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2/Magister di tempat lain.
• Tidak menerima atau sedang menerima beasiswa dari tempat lembaga lain.


Persyaratan Program Magister CIO DAN LTI

Prosedur Aplikasi

1. Pendaftaran mahasiswa baru ini dilakukan dengan 2 cara yaitu system pendaftaran online (http://www.sps.itb.ac.id/pendaftaran/pendaftaran-online) dan formulir pendaftaran (Form aplikasi bisa di peroleh di kantor MCIO dan MLTI atau di download di www.stei.itb.ac.id/mcio/ dan www.stei.itb.ac.id/mlti. Formulir pendaftaran yang telah diisi dan seluruh dokumen yang disyaratakan harus dikirim via pos atau diantar langsung dan diterima oleh panitia seleksi masing –masing sebanyak 3 exemplar (1 asli + 2 salinan) termasuk lampirannya berupa.
• Salinan Ijasah dan traskrip akademik S1 yang di legalisir.
• English Language Profeciency Test (ELTP – ITB) atau TOEFL Institusional asli.
• Nilai TPA asli + copy
• Surat keterangan sehat dari dokter.
• Pernyataan tidak pernah drop out atau mengundurkan diri dari ITB (diatas materai).
• Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 3 lembar (foto terbaru).
• Menyerahkan berkas lamaran besrta lampiran – lampirannya di masukan kedalam dua map terpisah.
2. Calon peserta harus mengisi formulir Pelamar yang memenuhi syarat administrasi (shortilisted) akan dipanggil untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara di kantor sekretariat MCIO dan MLTI - ITB.
3. Tes seleksi akan mengindentifikasi hal -hal sebagai berikut :
• Pengetahuan Teknologi Informasi (Ujian Tulis).
• Matematika dan Statistik (Ujian Tulis).
• Wawancara









JADWAL SELEKSI DAN PERKULIAHAN
BEASISWA PROGRAM MAGISTER CIO DAN LTI
KEMENKOMINFO RI – STEI ITB

KEGIATAN JADWAL KEGIATAN
Penutupan Pendaftaran Maret – 20 Mei 2011 09.00 - 16.00
Penutupan Pendaftaran TPA & EPT 20 Mei 2011 09.00 - 16.00
TEST EPT (English Profecy Test) 27 Mei 2011 08.00 - Selesai
TEST USM (Ujian Saringan Masuk) 27 Mei 2011 13.00 - Selesai
TEST TPA (Test Potensi Akademik) 28 Mei 2011 08.00 - Selesai



Berikut biaya pendaftaran EPT dan TPA :
Biaya EPT Rp 75.000
Biaya TPA Rp 225.000
Total Rp 300.000






Biaya Pendaftaran EPT dan TPA dapat di transfer melalui
Bank BNI Cab. Kampus ITB
Atas Nama : Yusep Rosmansyah atau Meisa Trinuranni C. H
No Rekening : 0154035131

Mohon bukti transfer tersebut di Fax atau email ke
Telp/Fax : 022-2500985 atau e-mail: meisa@stei.itb.ac.id atau merrissa@stei.itb.ac.id


Magister CIO dan LTI KEMENTRIAN RI - STEI ITB

Sekretariat Program Layanan Teknologi Informasi
Kelompok Keahlian Teknologi Informasi / Laboratorium Sinyal dan Sistem
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika–ITB
Gedung Achmad Bakrie (Gedung Labtek VIII) Lt.3
Jl.Ganesa No.10, Bandung 40132
Telp/Fax: 022-2500985

INFORMASI
Meisa Trinuranni / Merrissa.
E-mail meisa@stei.itb.ac.id atau merrissa@stei.itb.ac.id, cio@stei.itb.ac.id
Telp/Fax : 022-2500985
Web : www.stei.itb.ac.id/mcio / www.stei.itb.ac.id/mlti/



2 komentar:

Aceng Salim mengatakan...

Waduh,informasinya baru ke cek, ,
Maaf Pak, beasiswa ini selalu ada tiap tahun?. .

Agus Ulum Mulyo mengatakan...

Iya, sudah menjadi program depkominfo pusat, setiap thn program ini insyaalloh terus ada, utk menambah calon-calon CIO di negeri ini...tks..

Posting Komentar