Minggu, April 11, 2010

Jembatan Kereta Api, Sisa Kejayaan Kuda Gigit Besi (Kereta Api) Belanda

Sisa Kejayaan Kuda Gigit Besi (Kereta Api) Belanda
- KERETA api rute Bandung-Ciwidey merupakan jasa angkutan massal pertama yang pernah ada di kawasan Bandung Selatan.
- Kereta ini berfungsi untuk mengangkut barang-barang komiditas perkebunan.
- Jalur dimulai dari Stasion Cikudapateuh, Pasar Kordon Buahbatu, Pameungpeuk, Banjaran, Soreang, dan berakhir di Ciwidey.
- Jalur ini ditutup pemakaiannya tahun 1975
- Menurut buku Wajah Bandoeng Tempo Doeloe, jalur ini dibangun dua tahap.
- Pada 1918 Bandung-Kopo dan diteruskan ke Ciwidey pada 1921 oleh Perusahaan Kereta Api Negara (Staats Spoorwegen/SS).
- Jalur ini dipakai sbg moda transportasi hasil produksi perkebunan Wilayah Priangan.
- Kala itu menjadi barang komoditas ekspor yang laku keras di pasaran dunia.
- Selain itu sebagai sarana pendukung dalam rencana pemekaran wilayah Gemeente Bandung di tahun 1919.
- Dengan mundurnya permintaan hasil perkebunan Priangan di pasaran dunia, sedikit demi sedikit jalur KA itu mati angin.
- Apalagi setelah kendaraan bermotor truk yang lebih fleksibel mengangkut muatan door to door.
- Yang mulai beroperasi di kawasan Bandung, fungsi KA cuma jadi alat angkutan penumpang.
- Karena kurang menguntungkan, akhirnya jalur ini dinonaktifkan pada 1975.
- Kejayaan si Kuda Besi di Jalur Selatan tinggal bekasnya saja.
- Yang sering terlihat adalah jembatan di Dayeuhkolot, Statisun Banjaran,
- Dan jalur rel yang sisi kanan-kirinya telah berdiri bangunan permanen serta permukiman kumuh.
- Di jalur antara Banjaran dan Soreang pun, yang terlihat hanya onggokan rel tua yang tidak terurus
- Dan beberapa jembatan melintasi sungai kecil yang sudah karatan, seperti tampak dlm gambar ini.
- Jika ada yang mau menghidupkan lagi jalur ini. Kayaknya cukup menarik, krn pemandangan kiri kanannya yg sangat bagus







Tidak ada komentar:

Posting Komentar